PAUDNI Online

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

BPPNFI Regional I Medan

Sejarah BPPNFI Reg.1

Di awal berdirinya lembaga ini bernama Balai Pendidikan Masyarakat yang merupakan unit pelaksana teknis Bidang Pendidikan Masyarakat Kanwil Depdikbud Sumatera Utara. Pada tahun 1991 beralih menjadi Balai Pengembangan Kegiatan Belajar Medan dengan wilayah kerja DI Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Pada tahun 1997 beralih menjadi Balai Pengembangan Kegiatan Belajar ( BPKB ) Sumatera Utara dengan wilayah kerja hanya provinsi Sumatera Utara.

Setelah memasuki era Otonomi Daerah dengan Kep. Mendiknas No.115/0/2003 beralih menjadi Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (BPPLSP) Regional I dengan wilayah koordinasi Propinsi NAD, Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kep. Riau dengan kantor beralamat di Jalan Kenanga Raya No. 64 Tanjung Sari Medan.

Perubahan Nomenklatur Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda menjadi Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal ( BPPNFI ) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 28 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informall denganwilayah kerja Provinsi Nanggroe Aceh Darusslam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau.

Tugas BPPNFI

Melaksanakan pengkajian dan pengembangan program serta fasilitasi pengembangan sumberdaya pendidikan nonformal dan informal berdasarkan kebijakan Departemen Pendidikan Nasional.

Fungsi BPPNFI

  1. melakukan pengkajian pelaksanaan di bidang PNFI
  2. melakukan pengembangan program di bidang PNFI
  3. memfasilitasi pengembangan sumberdaya di bidang PNFI sesuai kebutuhan daerah
  4. melakukan pengembangan dan pengelolaan system informasi di bidang PNFI di wilayah kerjanya
  5. memberikan bimbingan dan evaluasi pelaksanaan program di bidang PNFI
  6. melaksanakan urusan ketatausahaan Balai

BPPNFI Regional 1 Medan >>>